Penggunaan Teknologi dalam Bisnis
PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS
Penggunaan
internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaran
informasi
secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan,
dan
pelayanan pelanggan. Tabel 1 menunjukkan sepuluh perusahaan rangking
tertinggi di
Amerika Serikat yang telah menerapkan internet untuk strategi bisnis.
Internet
mendukung komunikasi dan kerja sama global antara pegawai,
konsumen,
penjual, dan rekan bisnis yang lain. Internet memungkinkan orang dari
organisasi atau
lokasi yang berbeda bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk
mengembangkan,
memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau
pelayanan.
Dengan internet memungkinkan aplikasi Electronic Commerce (EC) dapat
digunakan
pada jaringan global, dan biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemrosesan
pesanan
secara On-line, Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumen
bisnis, dan
keamanan sistem pembayaran Electronic Funds Transfer (EFT).
Akibat
internet, pemasaran terhadap perusahaan, produk, dan pelayanan menjadi
proses yang
interaktif saat ini. Situs Web perusahaan bukan hanya sekedar
menyajikan
katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog,
berdiskusi,
dan berkonsultasi dengan konsumen secara On-line, bulletin boards,
kuesioner
elektronik, mailing lists, dan pengiriman surat elektronik. Sehingga
konsumen
dapat dilibatkan secara langsung dalam perancangan, pengembangan,
pemasaran,
dan penjualan produk.
Contohya dalam dunia bisnis online tentunya bidang
TI (Teknologi Informasi) sangatlah berperan dan memberikan pengaruh yang begitu
pekat di dalamnya. Di Indonesia, bisnis online sudah sangat menjamur dan bahkan
sudah berkembang begitu pesat, misalnya dalam hal penjualan produk-produk
barang ataupun jasa yang ditawarkan. Saat ini toko butik pun bisa saja tidak
harus memiliki tempat atau wujud nyata dimana kita bisa berkunjung dan memilih
barang-barang yang diinginkan di sana. Kini hanya tinggal membuka sebuah
halaman website, kemudian kita dapat langsung melihat-lihat dan memilih barang
apa saja yang ingin kita beli dan dalam waktu yang singkat barang tersebut
sudah dapat kita terima. Begitulah dunia bisnis online yang sudah begitu banyak
memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun para pengusaha. Namun dalam
bahasan saya kali ini yaitu mengenai pengaruh dan peranan Teknologi Informasi
terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia. Saat berkunjung ke mal, kita
harus berjalan mengitari toko demi toko. Di Internet, berbagai tokolah yang
akan datang dan pergi di depan mata kita. Tidak ada tempat yang terlalu sempit
untuk berdagang, terutama jika tempat itu bernama Internet. Kita dapat melihat
transaksi jual beli terjadi pada berbagai forum, mailing list, blog, sampai
website social networking terpopuler saat ini. Namun untuk dapat membangun
sebuah sarana atau tempat untuk menampilkan barang atau jasa yang ditawarkan
tersebut, kita membutuhkan tenaga atau pengetahuan tentang TI tersebut dalam
merancang sebuah toko online/online shop. Online shop merupakan bentuk yang
lebih sederhana, antara pembeli dan penjual dapat langsung berinteraksi.
Pembayaran tidak harus menggunakan payment gateway (walaupun bisa jadi online
shop tertentu memiliki fitur tersebut), sistem pembayaran yang terpisah
(melalui transfer/e-banking) dan di-confirm setelah pembayaran dilakukan, masih
merupakan alternatif yang populer di Indonesia. Teknologi Informasi dapat
didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan,
menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk
media dan format (image, suara, text, motion pictures, dsb). Dampak yang
dihasilkan dari Teknologi Informasi tersebut bermacam-macam, di antaranya jika
dilihat dari segi positif, misalkan pada bidang jasa pelayanan kesehatan.
Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan
secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada sistem penagihan yang bisa
dilihat melalui internet. Contoh lain misalnya di bidang hiburan. Sekarang
banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message
Service), termasuk juga untuk sistem perbankan. Setelah dirasakan bahwa
teknologi Informasi dapat menggantikan cara konvensional yang memberikan
benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan
sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui
search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan
ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Nah, dari
manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan
untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam
memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan
produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang. Orang sudah mau investasi
dalam menyediakan perangkat keras dan lunak untuk mengelola data dan
menghasilkan laporan secara lebih akurat dan menyeluruh. Dari level top
management proses pengolahan data menjadi informasi dan akhirnya menjadi
pengetahuan (knowledge) digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan
sehingga keputusan yang diambil akan terstruktur dan terarah (Executive
Decision Making). Tahapan terakhir dimana orang sudah berani menginvestasi
secara optimal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia
untuk mengoperasikan bisnisnya. Pemanfaatkan teknologi infomasi sudah secara
menyeluruh dan terpadu untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan
meningkatkan effisiensi dan effektivitas perusahaan. Pengaruh dan peranan
teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online di
Indonesia berkembang. Karena dengan teknologi ini, kita bisa mengetahui
bagaimana cara belajar dan bekerja seperti bekerja bisnis secara online.
Bagaimana cara berkomunikasi, memberikan tampilan, informasi tentang bisnis
online tersebut agar para pelanggan mudah untuk melakukan penawaran jula beli.
Mereka yang mengerti bisnis dapat melihat peluang yang baik pada dunia bisnis
online. Karena banyak keunggulan atau keuntungan di dalam bisnis secara online.
Para pe-bisnis tersebut tidak perlu mencari kios atau tempat untuk melakukan
bisnis, berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak
perlu membayar karyawan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Jadi, Teknologi
Informasi (TI) sangat berperan penting di dalam perkembangan bisnis online di
Indonesia yang juga dapat meningkatkan perekonomian di negara ini.
Komentar
Posting Komentar